Selasa, 21 September 2010

SAP HADITS 3

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
FAKULTAS AGAMA ISLAM (FAI)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Mata Kuliah/Kode MK : Hadits III
Semester/SKS : V/2 SKS
Fakultas / Jurusan/Prodi : Agama Islam/Dakwah dan Tarbiyah /KPI, PAI
Dosen/Tim Dosen : M.Samsun Fajar , S.Sos.I

1. Diskripsi Mata Kuliah/ silabus
Mata kuliah hadits dalam hal ini ditekankan pada masalah-masalah hukum, yang kajianya bersifat maudu’I atau tematis, dari masalah toharoh, sholat, halal haram, amarma’ruf nahi munkar, sampai masalah jihad fisabilillah. Sehingga materi ini akan memberikan
2. Tujuan Perkuliahan
a. Agar mahasiswa memahami agama islam dengan pendekatan hadits
b. Agar mahasiswa memiliki kopetensi hafalan hadits maudhu’I, sebagai bekal mereka
c. Agar mahasiswa mampu mengamalkan islam sesuai dengan petunjuk as Sunnah as Shohihah
d. Agar mahasiswa mampu mengaplikasikan metode tarbawi rasulullah saw yang secara implisit terlihat dari hadits beliau.

3. Kegiatan Perkuliahan

No Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
1 I Kontrak Kuliah: Tata tertib dan Motivasi Belajar Hadits
2 II Hadits dalam Prespektif Tarbawiah (hadits sebagai sumber metode pengajaran dan pendidikan ummat dalam setiap jenjang sosial)
3 III Pendidikan dan pengajaran pada anak Balita : (Hadits Bukhori dalam Kitabul adab dalam bab al kunniyah)
4 IV Pendidikan Dan Pengajaran Pada Anak Remaja : Hadits Riwayat Tirmidzi
5 V Pendidikan Pada Anak Usia Puber : Hadits Riwayat Imam Ahmad dalam Musnadnya.
6 VI Pendidikan Dan Pengajaran Orang Dewasa : Hadits Riwayat Bukhori Muslim. Dalam kitab al-adzan dan wujubi qira’ah al fatihah.
7 VII Pendidikan dan pengajaran terhadap orang-orang pedalaman yang awam : Hadits Riwayat Muslim bab wujub ghusli baul .
8 VIII Pendidikan Dan Pengajaran Terhadap Para Kaum Intelektual : Hadits Riwayat Bukhori Muslim dalam Kitab az-Zakah dan Iman
9 IX Mid Smester
10 X Pendidikan dan Pengajaran terhadap kaum faqir dan miskin : Hadir Riwayat Abu Dawud dalam sunanya Kitab ilmi.
11 XI Pendidikan Dan Pengajaran Terhadap Kaum Wanita : Hadits Riwayat Bukhori Dan Muslim Dalam Kitab Al-I’tisham Dan Kitab Al-Birr Wa Shilah Wal Adab.
12 XII Bimbingan dan Konseling dalam Sunnah nabawiyah: Memotivasi pembelajar yang selalu ragu-ragu untuk berbuat baik. Hadits riwayat imam Muslim dalam kitab al-jum’ah.
13 XIII Membimbing Dan Memotivasi Pembelajar Yang Yang Jenuh Dan Bosan. Hadits Riwayat Bukhori Muslim, Dalam Kitab Ilmi Dan Shifat Al-Munafiqin
14 XIV Mengatasi Kesenjangan Intelektual Pembelajar. Riwayat Ad-Dailami Dalam Musnad Al-Firdaus Dan Al-Jami Ash Shaghir As-Shuyuti.
15 XV Reviuw
16 XVI Semester

4. Tugas
No Tugas Mandiri No Tugas Terstruktur
1 Takhrij Hadits dan Naqdil Hadits 1 Membuat makalah ilmiah
2 Menghafal Hadits 2

5. Metode Perkuliahan
a. Metode Ceramah
b. Diskusi
c. Seminar
d. Study Kasus
e. Penugasan

6. Sistematika Pembahasan
a. Pengantar Tema Hadits
b. Pengkajian Sanad Hadits
c. Pengkajian Lughowiyah
d. Pengkajian Diroyah Hadits Ijmali
e. Pengkajian Nilai Tarbawi
f. Kesimpulan
7. Literatur
a. Kitab al Lu’lu wal Marjan
b. Kitab Jami’us Shohihain
c. Arbain an Nawawiah
d. Kitabul Hadis baik Musnad, Jami’
e. Kitab Fathul Bari
7. Kontrak Perkuliahan

Dalam perkuliahan al-Islam hendaknya mematuhi segala aturan yang berlaku dan disepakati:
a. Dalam perkuliahan hendaknya mengikhlaskan diri dengan tulus bukan karena niatan yang lain.
b. Waktu perkuliahan sesuai jadwal yang berlaku
c. Mahasiswa hendaknya masuk kuliah tepat waktu.
d. Toleransi waktu terlambat adalah 15 Menit, jika lebih dari itu maka hendaknya tidak mengikuti perkuliahan dan mengganti dengan tugas membuat karya tulis.
e. Semua Mahasiswa setiap Jam al-Islam wajib membawa al-Qur’an terjemahan.
f. Sebelum perkuliahan dimulai wajib mengkaji 1 ayat dibaca dengan benar dan dikaji selama 15 menit.
g. Jika dosen terlambat lebih dari 30 menit tanpa ada keterangan maka boleh meninggalkan kuliah, dan membuka website dosen.
h. Penilaian Kognitif diambil dari Tugas atau Quis, 30%, Mid 30 % dan Ujian Semester 40 %.
i. Penilaian Emosional Spiritual menjadi acuan penilaian, karena sebagai implementasi kognitif.
j. Mahasiswa yang berhak mengikuti ujian semester yang mengikuti kuliah lebih dari 75 %.
k. Bagi yang nilainya kurang lengkap hendaknya cepat menghubungi Dosen agar urusan bias diselesaikan.


Dosen



M.Samson Fajar, M.Sos.I
NBM: 996544

SAP FILSAFAT ISLAM

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
FAKULTAS AGAMA ISLAM (FAI)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Mata Kuliah/Kode MK : Filsafat Islam
Semester/SKS : V/2 SKS
Fakultas / Jurusan/Prodi : Agama Islam/Dakwah/KPI
Dosen/Tim Dosen : M.Samsun Fajar , M.Sos.I

1. Diskripsi Mata Kuliah/ silabus
Mata kuliah ini akan membahas tentang filsafat Islam sebagai lanjutan filsafat umum, dengan titik tekan materi pada, pengertian filsafat, hubunganya dengan ilmu yang lain, aliran-aliran filsafat, filsafat islam ditimur, di dunia barat, dan filsafat islam sesudah Ibnu Rusyd, dan beberapa masalah yang lain

2. Tujuan Perkuliahan
a. Agar mahasiswa memahami konsep filsafat Islam
b. Agar mahasiswa memiliki cara berfikir yang sistematis dan radikal serta logis
c. Agar mahasiswa memahami alairan-aliran filsafat Islam
d. Agar Mahasiswa memahami tokoh-tokoh filsafatIslam baik timur ataupun barat

3. Kegiatan Perkuliahan

No Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
1 I Pendahuluan: Pengertian filsafat islam, hubungan filsafat islam dengan yunani dan sejarahnya
2 II Aliran-aliran Filsafat Islam: Pembagian aliran dalam Islam, Aliran –aliran Pokok
3 III Filsafat Islam Di Dunia Timur: Al Kindi dan ar Razi, sejarah dan pemikiranya, dan analisis
4 IV Al Farabi dan Ikhwanu Shafa : sejarah dan pemikiranya, dan analisis
5 V Ibnu Maskawih, Ibnu Sina: sejarah dan pemikiranya, dan analisis
6 VI Al Ghozali,:sejarah dan pemikiranya, dan analisis
7 VII Suhrawadi Al Maqtul: sejarah dan pemikiranya, dan analisis
8 VIII Filsafat Islam Di Dunia Barat: ibnu bajjah , ibnu tufail : sejarah dan pemikiranya, dan analisis
9 IX Mid Smester
10 X Ibnu Rusyd : sejarah dan pemikiranya, dan analisis
11 XI Filsafat Islam Sesudah Ibnu Rusyd:Nasiruddin Tusi: sejarah dan pemikiranya, dan analisis
12 XII Muhammad Iqbal : sejarah dan pemikiranya, dan analisis
13 XIII Mulla Sudra : sejarah dan pemikiranya, dan analisis
14 XIV Pengaruh Filsafat Islam bagi Peradaban:Agama, politik, budaya, ekonomi dan Iptek
15 XV Reviu
16 XVI Semester

4. Tugas
No Tugas Mandiri No Tugas Terstruktur
1 1
2 2
5. Evaluasi
a. ……….
b. ……….

6. Metode Perkuliahan
a. Metode Ceramah
b. Diskusi
c. Seminar
d. Study Kasus
7. Literatur
a. Filsafat Islam, Drs. H.A. Musthofa
b. Ensiklopedi Dunia dan pemikiran Islam
c. Falsafah agama, Harun Nasution
d. Pengantar filsafat islam, A. Hanafi